Jakarta – La Liga jornada ke-13 dipanaskan duel dua tim terbaik saat ini. Sang pemuncak klasemen, Barca, akan menantang ‘Si Kelelawar Mestalla’, Valencia.

Barca dan Valencia melaju kencang sepanjang 12 pekan La Liga musim ini. Mereka adalah dua dari tiga tim yang masih belum terkalahkan sejauh ini bersama Atletico Madrid.

Blaugrana kukuh di puncak klasemen dengan nilai 34, empat poin di depan Valencia di tempat kedua. Valencia sendiri sudah enam angka memimpin atas Real Madrid dan Atletico di posisi 3-4.

Maka pertemuan Barca dan Valencia pekan ini bisa menjadi sebuah sinyal kuat dari masing-masing tim. Jika Barca unggul, itu akan jadi sebuah pesan besar bahwa mereka bakal sulit betul dikejar sampai akhir musim. Sebaliknya untuk Valencia, ini adalah kans bagus menegaskan bahwa mereka memang layak disebut pesaing dalam perebutan gelar.

Ada potensi Valencia bakal amat merepotkan Barca. Dalam empat musim terakhir di mana Los Che bahkan tak sedang menjalani musim yang bagus, mereka sudah menyulitkan.

Musim kemarin Valencia memang dua kali tunduk dalam pertemuan di liga, tapi tengok saja skornya: 2-3 dan 2-4. Saat tunduk 2-3, Valencia kehilangan satu poin berharga setelah dihukum penalti di menit ke-90. Sementara saat takluk 2-4, mereka bermain dengan 10 orang sepanjang babak kedua setelah sempat menahan 2-2.

Pada musim sebelumnya, yakni 2015/2016, Valencia malah unggul head-to-head atas Barca yang jadi juara di musim tersebut. Los Murcielagos berimbang 1-1 di Mestalla lalu unggul 2-1 di Camp Nou. Empat pertemuan terakhir ini bakal jadi sebuah catatan penting untuk anak-anak asuh Ernesto Valverde.

Sementara Barca dan Valencia berduel, Madrid dan Atletico tak boleh menyia-nyiakan kesempatan untuk mendekat. Madrid akan menjamu Malaga, yang terseok-seok di zona degradasi. Sementara Atletico bertandang ke markas Levante.

Baik Madrid dan Atletico mendapatkan momentum bagus di partai tengah pekan di Liga Champions. Madrid unggul telak 6-0 atas APOEL dan Atletico membungkam AS Roma 2-0. Mereka tak boleh kehilangan poin-poin lagi jika tak ingin Barca dan Valencia menjaga jarak unggul, juga demi menghindari tekanan Sevilla dan Villarreal di posisi 4-5.

(raw/rin)


NO COMMENTS