Madrid – Xabi Alonso masih yakin Real Madrid bisa menyusul Barca dalam persaingan gelar La Liga. Selain itu, Alonso tak cemas dengan performa Cristiano Ronaldo.

Berstatus sebagai juara bertahan Liga Spanyol, Madrid justru tersendat di awal musim ini. Los Blancos hanya unggul tujuh kali dan sudah dua kali menyerah sehingga baru mengumpulkan 24 poin, tertinggal 10 angka dari Barca, yang belum terkalahkan dalam 12 pertandingan pertama.

Sebuah jalan terjal dihadapi Madrid. Sepanjang sejarah kompetisi, belum pernah ada tim yang bisa menjadi juara setelah tertinggal 10 poin dari pemuncak klasemen.

Alonso, yang memutuskan pensiun pada akhir musim lalu, pernah mengantar Los Merengues menjuarai La Liga dan Liga Champions. Menurut dia, Madrid masih punya peluang mengingat kompetisi masih panjang.

“Masih ada banyak waktu sebelum La Liga berakhir dan klasemen bisa berubah dengan sangat cepat,” kata Alonso di Soccer Way. “Sekarang ini memang benar bahwa jarak antara Barca dan Real Madrid besar tapi Barca dihadapkan pada pertandingan-pertandingan yang sulit di depan.”

“Mereka harus bertandang ke (Santiago) Bernabeu dan semuanya bisa berubah cepat sekali. Kami harus tetap positif. Tim (Madrid) sangat bagus dan semuanya bisa terjadi,” lanjut mantan pemain yang juga pernah membela The Reds dan Bayern Munich itu.

Laju Madrid yang tidak mulus ikut dipengaruhi oleh penampilan Ronaldo di liga. Bomber Portugal itu sedang disorot tajam karena baru mencetak satu gol saja dalam delapan penampilannya, sekalipun amat tajam di Liga Champions dengan delapan gol dalam lima pertandingan saja.

Kendati begitu, Alonso yakin Ronaldo akan selalu ada saat dibutuhkan Madrid. “Aku tidak ragu bahwa di momen-momen krusial, Ronaldo selalu bisa diandalkan.”

“Musim lalu dia menakjubkan di akhir musim dan ketika timnya memerlukan dia, dia selalu menentukan. Dia sama kompetitif dan termotivasi seperti biasanya,” Alonso menambahkan.

(rin/raw)


NO COMMENTS